Nama Domain Website

Tersedia lebih dari 400+ pilihan ekstensi nama domain. Mulai dari ekstensi lokal Indonesia hingga global ekstensi ada disini.

Sesuaikan niche website dengan ekstensi yang tepat. Cek nama domain website dan beli sekarang juga!

Sebelum Beli Domain, Cek Dahulu Status Nama Domain di Kominfo

Domain yang tersedia, bisa saja dahulu sudah pernah dimiliki oleh seseorang. Untuk memastikan apakah domain tersebut aman dari pemblokiran, Silahkan cek kembali sebelum membeli domain dengan klik tombol di bawah ini Trustpositif KOMINFO!

Type Nama Domain

Nama domain itu dibagi menjadi beberapa type kelompok yaitu gTLD, ccTLD, sTLD. Apa saja perbedaannya? Mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Domain gTLD

Domain gTLD (Global Top Level Domain) adalah domain yang dibuat untuk versi global dan komersil. Domain ini cocok digunakan untuk apa saja dan untuk daerah target mana saja, peruntukannya ditujukan untuk global. contoh domain gTLD ini adalah: .COM, .ORG, .NET, .BIZ.

Domain ccTLD

Domain ccTLD (Country Code Top Level Domain) adalah domain yang dirancang dan dibuat untuk menyatakan identitas domain berasal dari negara tertentu. Domain ini biasanya mengikuti kode suatu negara, misal Indonesia dengan domain (.id), Jepang (.jp), India (.in), Amerika (.us), dan masih banyak lagi yang lainnya, semuanya mengikuti kode negara masing-masing.

Setiap negara juga memiliki aturan dan persayaratan masing-masing dalam memiliki dan mengelola domainnya, untuk domain id (Indonesia), Silahkan Baca Persyaratan domain-ID

Domain sTLD

Domain sTLD (Sponsored Top Level Domain) adalah domain yang dibuat khusus untuk organisasi/industri tertentu. Seperti .aero ditujukan hanya untuk industri penerbangan. .travel untuk perusahaan perjalanan, .post untuk jasa pengiriman. Anda tidak akan bisa menggunakannya jika bukan untuk bidang khusus tersebut.

Kriteria Nama Website dan Domain Yang Bagus

Semua pasti ingin memiliki nama website yang bagus, mudah diingat, dan disukai. Sama halnya ketika memberi nama untuk anak, hewan peliharaan ataupun benda kesayangan.

Berikut beberapa kriteria yang bisa jadi panduanmu untuk memilih nama website:

  1. Nama website haruslah Anda sukai, percuma bagus tapi Anda tidak suka dengan nama tersebut.
  2. Jangan terlalu panjang sehingga seperti kalimat.
  3. Jangan gunakan tanda baca seperti “-” dan atau angka.
  4. Buat yang singkat namun unik.
  5. Gunakan domain yang berhubungan dengan jenis/bidang website Anda. misal untuk toko Anda bisa gunakan .store, .shop, bisa juga dengan .com saja. Karena untuk .com saat ini memang dipakai secara global. Bila ingin mengkhususkan untuk wilayah Indonesia saja, Anda bisa gunakan domain id.